Aruan, Dyna Grace Romatua (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER SISWA SMK FARMASI MEDAN PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106142039 Judul.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. 8106142039 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. 8106142039 Abstrak.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. 8106142039 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. 8106142039 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. 8106142039 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. 8106142039 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106142039 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. 8106142039 Bab I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
10. 8106142039 Bab V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
11. 8106142039 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia, strategi pembelajaran inkuiri menggunakan media charta dan strategi pembelajaran ekspositori menggunakan media charta. (2) Ada perbedaan kreativitas dan kemandirian siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia, strategi pembelajaran inkuiri menggunakan media charta dan strategi pembelajaran ekspositori menggunakan media charta. (3) Ada hubungan antara kreativitas dan kemandirian dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia, strategi pembelajaran inkuiri menggunakan media charta, dan strategi pembelajaran ekspositori menggunakan media charta. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Farmasi APIPSU yang terdiri dari tiga kelas, X1 sebanyak 41 siswa, X2 sebanyak 41 siswa, dan X3 sebanyak 41 siswa. Instrumen penelitian berupa soal pilihan berganda dan instrumen test berupa angket untuk mengetahui karakter kreativitas dan kemandirian belajar kimia siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji Anava satu jalur dan uji Korelasi. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji homogenitas dan normalitas. Uji realibilitas diperoleh r11 = 0,900 (tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan media charta dan strategi pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media charta dengan nilai p = 0,002 (p < 0,05). (2) ada perbedaan kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan charta. Rata-rata kreativitas belajar siswa dengan ketiga model pembelajaran tersebut adalah 104,90 (3) ada perbedaan kemandirian siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori menggunakan media charta. Rata-rata nilai kemandirian belajar siswa dengan ketiga model pembelajaran tersebut adalah 89,84 dengan nilai p = 0,000 atau p < 0,05. (4) ada hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar siswa dengan nilai R sebesar 70,56% pada kelompok pada kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia, 44% pada kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan media charta, 10% pada kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori menggunakan media charta. (5) ada hubungan yang signifikan antara kemandirian dengan hasil belajar siswa dengan nilai R sebesar 78% pada kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia, 50,2% pada kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri menggunakan media charta, 12% pada kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori menggunakan media charta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Aru p |
Keywords: | Pembelajaran inquiri; Kreativitas; Kemandirian; Karakter; Media pembelajaran; Multimedia; Sistem periodik unsur |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4280 |