BR SINUHAJI, CITRA (2020) PENGARUH PERCAYA DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MIS SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3131131003 COVER.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
2. NIM. 3131131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
3. NIM. 3131131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
4. NIM. 3131131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
5. NIM. 3131131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
6. NIM. 3131131003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
7. NIM. 3131131003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
8. NIM. 3131131003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
9. NIM. 3131131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 3131131003 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
15. NIM. 3131131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) pengaruh percaya diri terhadap prestasi belajar terhadap siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MIS di SMA N 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar terhadap siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MIS di SMA N 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 13 Medan yang beralamat di Jl. Brigjend Zein Hamid Km. 7, Medan, Sumatera. Penelitian dilaksanaka pada tanggal 18 Januari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIS di SMA N 13 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini 36 orang menggunakan teknik simple random simple. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, yaitu menggunakan angket dan studi dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reabilitas mengunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homegenitas. Teknik analisis data yaitu uji koefesien korelasi sederhana, statistik uji t pada taraf signifikan α=0,05 dan koefisien determinasi.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan tahun ajaran 2019/2020, diperoleh nilai thitung > ttabel (3,138 > 1,690) dan sebesar 22,4 % variasi prestasi belajar geografi yang dijelaskan oleh percaya diri.(2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan tahun ajaran 2019/2020, diperoleh nilai thitung > ttabel (5,543 > 1,690) dan sebesar 47,4% dijelaskan oleh kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 05:33 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42755 |