PURBA, DESRINA ANUGRAH (2020) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MIS SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 3133131011 COVER.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
2. NIM 3133131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
3. NIM 3133131011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
4. NIM 3133131011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. NIM 3133131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
6. NIM 3133131011 TABLES.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
7. NIM 3133131011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
8. NIM 3133131011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
9. NIM 3133131011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
14. NIM 3133131011 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
15. NIM 3133131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020 sejumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan post test. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan dengan rx1y = 0,330; rtabel = 0,250; thitung = 2,708; ttabel = 1,671 pada taraf signifikan 5%. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan dengan rx1y = 0,223; rtabel = 0,250; thitung = 1,938; ttabel = 1,671 pada taraf signifikan 5%. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar belajar siswa kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan dengan Fhitung = 3,99; Ftabel = 3,15 pada taraf signifikan 5%. Persentase kontribusi lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar geografi siswa = R2 = 11,6%. Hasil ini mengindikasi bahwa hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar sebesar 11,6%, sedangkan sisanya 88,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 05:32 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42754 |