RAMADHANI, LUSY (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA PLANET BUMI DAN TATA SURYA BERBASIS ADOBE FLASH BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KISARAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 3153131018 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM 3153131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. NIM 3153131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
4. NIM 3153131018 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM 3153131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
6. NIM 3153131018 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
7. NIM 3153131018 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
8. NIM 3153131018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
9. NIM 3153131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM 3153131018 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
15. NIM 3153131018 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pengembangan media dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif mata pelajaran geografi materi dinamika planet bumi dan tata surya berbasis Adobe Flash bagi siswa kelas X SMA Negeri 4 kisaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D), yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan sepuluh langkah pelaksanaan penelitian. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil 2019/2020. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 4 Kisaran dengan jumlah 35 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
angket. Teknik analis data yang digunakan adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan pada validasi media flash tahap 1 memperoleh nilai kelayakan sebesar 84,87% dengan kriteria layak direvisi seperlunya. Validasi tahap 2 mengalami peningkatan perolehan nilai kelayakan media flash sebesar 94,44% dengan kriteria sangat layak tanpa revisi. Dengan demikian secara keseluruhan media pembelajaran geografi berbasis adobe flash dikatakan berhasil dan layak digunakan sebagai media belajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 06:06 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 06:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42735 |