Saragih, Jeni Carolina (2020) Pengaruh Penerapan Enam Tugas Dalam kurikulum KKNI Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Stambuk 2017,Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163111019 COVER.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
2. NIM. 3163111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM. 3163111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4. NIM. 3163111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
6. NIM. 3163111019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 3163111019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 3163111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
12. NIM. 3163111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. NIM. 3163111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan enam tugas dalam kurikulum KKNI (Kerangka Kwalifikasi Nasional Indonesia) terhadap berpikir kritis mahasiswa stambuk 2017 jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu 100 mahasiswa jurusan PPKN stambuk 2017 dan sampel ditentukan melalui teknik random sampling (sampel acak) sebanyak 30% dari populasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kolerasi yakni metode alat uji statistik untuk menguji hipotesis asosiatif (uji hubungan) dua variabel. Lokasi penelitian di Jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Kenanga Baru, Medan. Dalam penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Pengolahan data digunakan dengan menggunakan rumus Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara penerapan enam tugas dalam kurikulum KKNI terhadap berpikir kritis mahasiswa. Dengan hasil nilai rhitung sebesar 0,611 menandakan bahwa adanya korelasi yang kuat dari kedua variabel tersebut dan apabila di hubungan dengan nilai rtabel pada signifikan 5% dengan N=30 adalah 0,361 maka dapat juga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X (Penerapan Enam Tugas dalam Kurikulum KKNI) terhadap variabel Y (Berpikir Kritis Mahasiswa). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PKN-044 |
Keywords: | Pengaruh; enam tugas KKNI; berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 03:21 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42714 |