Purba, Indah Riskita (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI INVERTEBRATA KELAS X IPA SMA NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163141018 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM 4163141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
3. NIM 4163141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 4163141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM 4163141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
6. NIM 4163141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 4163141018 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 4163141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 4163141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM 4163141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 4163141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 2 SMA pada materi Invertebrata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
jenis penelitan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan soal test essay. Soal yang diterapkan pada siswa dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu indikator interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanansi dan regulasi diri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang atau cukup yaitu 64,3. Untuk setiap setiap indikator kemampuan berpikir kritis adalah sebagai berikut indikator interpretasi sebesar 77,9
dengan kategori sedang, indikator analisis sebesar 72,7 dengan kategori tinggi, indikator evaluasi 55,4 dengan kategori sangat rendah, indikator inferensi sebesar
40,4 dengan kategori sangat rendah, selanjutnya indikator eksplanansi sebesar 67,0 dengan kategori 5,40 dengan kategori rendah dan indikator regulasi diri sebesar 72,4
dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong sedang dan perlu ditingkatkan terutama pada indikator
evaluasi dan inferensi yang masih sangat rendah. Kemampuan berpikir kritis siswa perlu ditingkatkan dan dilatih lagi, metode pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif akan mempengharui semangat belajar juga kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 09:02 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42675 |