Suwanty (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA KELAS VII SMP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MEDAN LABUHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126122044 Judul.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2. 8126122044 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
3. 8126122044 Abstrak.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. 8126122044 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. 8126122044 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
6. 8126122044 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
7. 8126122044 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
8. 8126122044 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. 8126122044 Bab I.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
10. 8126122044 Bab V.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
11. 8126122044 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran bermain peran dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan Hasil Belajar PAB siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi dan siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 orang yang berasal dari kelas VII SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan yang berjumlah 6 kelas. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes komunikasi interpersonal untuk membedakan jenis komunikasi interpersonal yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan realibilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 60 soal yang diujikan, sebanyak 51 soal saja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lillifors dan uji homogenitas varians dengan uji F dan Uji Barltlett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar PAB siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran bermain peran lebih baik dengan siswa yang dibelalajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 6,813 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan α = 0,05, (2) siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi memperoleh hasil belajar PAB lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 9,453 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan α = 0,05 dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PAB siswa . Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung =20,809 > Ftabel = 4,00 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan strategi pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan komunikasi interpersonal siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 294.375 Suw p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Komunikasi interpersonal; Pendidikan agama buddha; Strategi bermain peran; Strategi ekspositori |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4263 |