Nadila (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididk Berbasis Emancipatory Question Untuk Siswa Kelas XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3161121030 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 3161121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM. 3161121030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 3161121030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 3161121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 3161121030 TABELS.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 3161121030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3161121030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
12. NIM. 3161121030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM. 3161121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa lembar kerja peserta didik berbasis emancipatory question untuk siswa kelas XI SMA berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan ahli evaluasi pembelajaran sejarah serta penilaian guru juga siswa. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg and Gall. Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini meliputi 9 (sembilan) tahapan yaitu : (1) tahap potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) siswa kelas XI MIA2 untuk uji coba kelompok kecil, 6 (enam) siswa kelas XI MIA1 untuk uji coba kelompok sedang, dan 30 siswa kelas XI IIS1 untuk uji coba kelompok besar di SMA Swasta Cerdas Murni. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa lembar kerja peserta didik memenuhi validasi oleh ahli materi sejarah mencapai 84,6% dengan kategori sangat valid, ahli media pembelajaran sejarah mencapai 90% dengan kategori sangat valid, ahli evaluasi pembelajaran sejarah mencapai 90% dengan kategori sangat valid, oleh guru pelajaran sejarah mencapai 90% dengan kategori sangat valid dan melihat respon siswa pada uji coba produk (kelompok besar) mencapai 89 dengan kategori sangat valid/sangat layak diguankan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah diperoleh kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis emancipatory question untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-SJRH-021 |
Keywords: | LKPD; emancipatory question |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:10 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42612 |