ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN STEM DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDAR T.P 2019/2020

Hutapea, Toberia (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN STEM DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDAR T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153341050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153341050 COVER.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 1. NIM 4153341050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153341050 COVER.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153341050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153341050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153341050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153341050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153341050 PPEFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153341050 PPEFACE.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153341050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153341050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153341050  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153341050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153341050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153341050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153341050  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153341050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan STEM.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, andMathematics). Proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan STEM. Science, siswa dibimbing untuk mengamati dan menanya sebuah fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tentang organ-organ sistem pencernaan manusia dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh.Technology, siswa dibimbing untuk mencari tekhnologi yang berkaitan dengan sistem pencernaan makanan pada manusia.Engineering, siswa dibimbing dalam pembuatan poster yang menarik tentang sistem pencernaan pada manusia.Mathematics, mengamati sebuah data dan menarik kesimpulan tentang penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Setelah proses pembelajaran selesai, diberikanlah instrumen soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk pilihan berganda. Setelah soal dijawab oleh siswa, soal dikumpulkan.Data kemampuan berpikir tingkat tinggi ditabulasi dan dicari rata-ratanya kemudian dikategorikan kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi.Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada setiap ranah kognitif yaitu menganalisis (75,99) dan mengkreasi (81,77) tergolong kategori baik, sedangkan mengevaluasi nilai rata-rata 67,74 tergolong dalam kategori cukup.Penerapan pendekatan STEM dapat diaplikasikan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 089
Keywords: Berpikir tingkat tinggi; Sistem pencernaan; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:14
Last Modified: 13 Dec 2022 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42581

Actions (login required)

View Item
View Item