Siallagan, Winda Sofa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMA TAMAN SISWA MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161141064 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM 4162141064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
3. NIM 4161141064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM 4161141064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
5. NIM 4161141064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
9. NIM 4161141064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 4161141064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 4161141064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada materi ekosistem
DiKelas X SMA Taman Siswa Medan. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian TwoGroup Pretest�Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Di kelas X IPA
Taman Siswa berjumlah 54 orang yang ditentukan dengan teknik Total Sampling.
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah berupa tes dalam
bentuk pilihan ganda yang telah di divalidasi oleh validator. Kemudian langkah
selanjutnya adalah memberikan tes kepada kedua kelas. Perlakuan pretes pada
kedua kelas antara kelas eksperimen dan kontrol sama yaitu, tanpa adanya
perlakuan berbeda diantara kedua kelas. Setelah selesai perlakuan pertama,
diberikan perlakuan antara kedua kelas. Kelas kontrol dengan metode ceramah
sedangkan untuk kelas eksperimen di berikan pembelajaran menggunakan model
Numbered Head Together. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa nilai siswa
setelah di berikan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT)rata-rata
hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 80,96 dan 62,4.
Sehingga dengan adanya perlakuan pembelajaran yang berbeda terdapat
peningkatan hasil belajar, mengalami ketuntasan dalam belajar. Dengan demikian
hampir seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar yaitu mendapatkan nilai
diatas 75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa pada materi ekosistem Di Kelas X IPA SMA Taman Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 146 |
Keywords: | Numbered head together; Ekosistem; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 18:51 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 18:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42574 |