Daulay, Khoirunnisah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA SMA NEGERI 1 BATANGONANG KAB. PADANGLAWAS UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126174009 Judul.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. 8126174009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. 8126174009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 8126174009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. 8126174009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. 8126174009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. 8126174009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. 8126174009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. 8126174009 Bab I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
10. 8126174009 Bab V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
11. 8126174009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), tipe Learning Together (LT), dan konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi keanekaragaman hayati; dan (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, LT, dan konvensional terhadap kecakapan sosial siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X di SMA Negeri 1 Batangonang. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak 3 kelas yang diambil dengan teknik cluster sampling dan kelas X-1 sebagai kelas perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TSTS, kelas X-3 kelas perlakuan kooperatif tipe LT, dan kelas X-4 konvensional (kontrol). Instrumen penelitian menggunakan: (1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran; (2) angket kecakapan sosial; dan (3) lembar observasi penilaian kecakapan sosial siswa. Data berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANACOVA dilanjutkan dengan uji lanjut Tukey. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) Ho1 ditolak dengan Fhitung 109,87 taraf signifikan 0.000; (2) Ho2 ditolak dengan Fhitung 117,54 taraf signifikan 0.000. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, tipe LT, dan konvensional; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kecakapan sosial siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, tipe LT, dan konvensional; (3) model pembelajaran TSTS hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran LT dan konvensional, model pembelajaran LT hasil belajar lebih tinggi dari pembelajaran konvensional; dan (4) model pembelajaran TSTS kecakapan sosial lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran LT dan konvensional, model pembelajaran LT kecakapan sosial lebih tinggi dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 578.707 12 Dau p |
Keywords: | Learning together; Kecakapan sosial; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran konvensional; Keanekaragaman hayati; Model pembelajaran; Two stay two stray |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4257 |