ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Silaen, Rizky Antonius (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI MIA SMA SWASTA IMELDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163141042 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163141042 Cover.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163141042 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163141042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163141042 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163141042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163141042 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163141042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163141042 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163141042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163141042 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163141042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163141042 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163141042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163141042 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163141042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar siswa dan apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan dalam mempelajari materi sistem saraf di kelas XI MIA SMA Swasta IMELDA Medan T.P 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA. Sampel diambil menggunakan total sampling, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 41.49 %, pemahaman (C2) sebesar 44.14 %, aplikasi (C3) sebesar 59.10 %, analisis (C4) sebesar 67.17 %, evaluasi (C5) sebesar 54.89 %, dan kreasi (C6) sebesar 79.79 %. (2) Selanjutnya aspek pada Indikator pertama sebesar 75.32%, indikator kedua 64.99%, indikator ketiga 59.10 % dan indikator keempat 58.30%. (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di tinjau dari aspek internal maupun eksternal. faktor internal meliputi: kesehatan sebesar 70.74 %, daya ingat sebesar 60.37 %, minat sebesar 59.75 %, motivasi sebesar 65.07 %, dan psikis sebesar 61.44 %. Sedangkan pada aspek eksternal meliputi: kualitas guru sebesar 56.21 % , metode pengajaran sebesar 59.71 %, sarana dan pra sarana sebesar 56.29 %, keluarga sebesar 58.16 %, dan faktor lingkungan sebesar 64.63 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 140
Keywords: Kesulitan belajar; Hasil belajar; Sistem saraf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 00:18
Last Modified: 17 Jun 2021 00:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42560

Actions (login required)

View Item
View Item