Arsila, Putri (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIDUKUNG E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA 2 PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4162141003 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 4162141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
3. NIM 4162141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
4. NIM 4162141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
5. NIM 4162141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
9. NIM 4162141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4162141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM 4162141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran didukung e-learning pada materi invertebrata di kelas X MIA 2 di SMA Negeri 10 Medan T.P 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan bentuk One Group Pretest Post Test yaitu pemberian perlakuan pada satu kelompok kemudian diobservasi hasilnya. Treatment (perlakuan) sebagai variabel independen dan hasil sebagai variabel dependen. Desain ini digunakan untuk meneliti pada satu kelompok dengan pemberian satu kali perlakuan dan pengukurannya dilakukan satu kali tanpa disertai kelompok pembanding. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 10 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal dan kuesioner angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis N-Gain. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah dan guru agar memilih inovasi pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran biologi di SMA dan pelaksanaan pembelajaran yang didukung e-learning, serta sebagai data awal atau acuan bagi mahasiswa program studi pendidikan biologi apabila ingin melaksanakan penelitian lanjutan mengenai hal ini. Hasil penelitian menunjukkan uji perhitungan n-gain yaitu 0,64 artinya hasil belajar mengalami peningkatan dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa belajar menggunakan e-learning dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 114 |
Keywords: | Invertebrata; E-learning; Google classroom; Media pembelajaran; Portal rumah belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 23:52 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 23:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42558 |