ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.P. 2019/2020

Handayani, Tika (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161141061 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161141061 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161141061 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161141061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161141061 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161141061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161141061 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161141061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161141061 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161141061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161141061 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161141061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161141061 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161141061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161141061 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161141061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA Negeri 1 labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian diambil dengan teknik Purposive sampling yaitu siswa kelas XI MIPA 1, MIPA 2 dan MIPA 3 dengan total 96 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan statistik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari aspek pengetahuan, aspek konteks dan aspek kompetensi sains, sendangkan untuk aspek sikap sains menggunakan instrumen angket yang di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ketercapaian kemampuan literasi aspek pengetahuan sebesar 63,81%, kemampuan literasi aspek konteks 64,06%, dan kemampuan literasi aspek kompetensi sebesar 62,60%. Kategori ketercapaian dari ketiga aspek literasi sains tergolong dalam kategori cukup. Sedangkan untuk ketercapaian aspek sikap sains didapatkan rata-rata 82,99% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 118
Keywords: Literasi sains; Sistem pencernaan; Kompetensi; Sikap; Ruminansia; Penyakit pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Jun 2021 21:31
Last Modified: 15 Jun 2021 21:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42529

Actions (login required)

View Item
View Item