Fadillah, Nurul (2014) IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB MISKONSEPSI SISWA TENTANG MATERI BIOLOGI DI SMA SE-KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116174020 Judul.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. 8116174020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
3. 8116174020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 8116174020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. 8116174020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 8116174020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. 8116174020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. 8116174020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8116174020 Bab I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
10. 8116174020 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
11. 8116174020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Miskonsepsi adalah pengertian tentang suatu konsep yang tidak tepat, salah dalam menggunakan konsep nama, salah dalam mengklasifikasikan contoh- contoh konsep, keraguan tentang konsep-konsep yang berbeda, tidak tepat dalam menghubungkan berbagai macam konsep dalam susunan hierarkinya atau pembuatan generalisasi suatu konsep yang berlebihan atau kurang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar miskonsepsi dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab miskonsepsi siswa tentang materi biologi kelas XI di SMA Negeri se-Kota Langsa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri se- Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri se-Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara stratified random sampling, jadi sampel yang digunakan adalah 231 siswa. Penelitian ini menggunakan Instrument penelitian berupa tes diagnostik dua dimensi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya persentase miskonsepsi siswa tentang materi biologi kelas xi di SMA Negeri se-kota langsa adalah 21%. Adapun faktor yang menjadi penyebab miskonsepsi siswa yaitu buku 24,90%, guru 3,34%, orang tua 0,83%, teman 12,80%, internet 1,63%, keyakinan 0,10%, dan lain-lain yaitu siswa menjawab dengan membaca lembar kerja siswa (LKS) atau karena percaya pada diri sendiri sebesar 56,39%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Fad i |
Keywords: | Peta konsep; Miskonsepsi; Buku teks; Guru; Lingkungan; Metode mengajar; Pengalaman belajar; Keyakinan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4252 |