Khairunnisa (2020) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 36 MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111037 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 4161111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 4161111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM. 4161111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM. 4161111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
10. NIM. 4161111037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 4161111037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
15. NIM. 4161111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling berjumlah 39 sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah dua buah angket yang berjumlah 30 butir dan tes essay yang berjumlah 3 butir soal. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan persamaan regresi linear berganda . Melalui uji t tidak ada pengaruh antara konsep diri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai thitung < ttabel (0,040 < 2.0281) dengan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (0,968 > 0,05). Dan ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,567 > 2,0281) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05 (0,014 < 0,05). Serta ada pengaruh antara konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020 dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,295 > 3,26) dan nilai sig α sebesar 0,004 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan uji-t (parsial) konsep diri tidak berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa namun kebiasaan belajar berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Dengan uji F (simultan) konsep diri dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2019/2020 dengan besar kontribusi 25,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 072 |
Keywords: | Konsep diri; Kebiasaan belajar; Penalaran matematis; Luas permukaan; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jun 2021 23:23 |
Last Modified: | 13 Jun 2021 23:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42509 |