Saragih, Jen Sixkanri (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153111033 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 4153111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
3. NIM. 4153111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4. NIM. 4153111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 4153111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM. 4153111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM. 4153111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4153111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Medan Sunggal tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 sebanyak 39 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil tes awal diperoleh 3 siswa (7,69%) yang mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥65) dan 36 siswa (92,31%) belum tuntas. Dari 40 siswa yang memperoleh nilai ≥90 dikategorikan sangat baik, siswa yang memperoleh nilai 80-89 dikategorikan siswa dengan kemampuan baik, siswa yang memperoleh nilai antara 65-79 dikategorikan siswa dengan kemamuan sedang, siswa memperoleh nilai dari 55-64 dikategorikan siswa dengan kemampuan rendah dan siswa memperoleh nilai ≤54 dikategorikan siswa dengan kemampuan sangat rendah. Berdasarkan data diatas, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Setelah dilakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematika 1 (siklus I) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan pemecahan masalah naik menjadi 61,54% dan pada tes kemampuan pemecahan masalah matematika II( siklus II) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan pemecahan masalah menjadi 87,18%. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan di kelas VIII SMP Swasta Brigjend Katamso Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 084 |
Keywords: | Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Model pembelajaran; Persamaan linier |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jun 2021 23:09 |
Last Modified: | 13 Jun 2021 23:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42508 |