Simbolon, Sariani (2020) Analisis Kompetensi Profesional Guru IPS Mengajarkan IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Lintongnihuta Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3151121040 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 3151121040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM 3151121040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
4. NIM 3151121040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
5. NIM 3151121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM 3151121040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 3151121040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM 3151121040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM 3151121040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
13. NIM 3151121040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
14. NIM 3151121040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
Abstract
Penelitian berjudul “Analisis Kompetensi Profesional Guru IPS Mengajarkan IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Lintongnihuta Tahun 2019/2020” bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru IPS dalam mengajarkan IPS secara Terpadu di SMP Negeri 1 Lintongnihuta.
Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, dengan populasi yaitu seluruh guru IPS SMP Negeri 1 Lintongnihuta yang berjumlah lima (5) guru. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di SMP Negeri 1 Lintongnihuta Tahun ajaran 2019/2020 Sesuai dengan hasil penelitian yaitu: pada aspek kemampuan menguasai struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sesuai dengan hasil analisis wawancara dengan kategori sangat baik, dalam menguasai materi cukup baik (1). Pada aspek menguasai kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dengan skor 74,11 % dilihat dari hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran dengan kategori baik (2). Pada aspek mengembangkan materi pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial 65,62 % kategori cukup baik (3). pada aspek kemampuan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tidakan reflektif sesuai hasil wawancara dengan kategori cukup baik (4) aspek memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri dengan kategori cukup baik (5).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-SJRH-004 |
Keywords: | Kompetensi Profesional; Pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 21:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 21:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42489 |