Siregar, Sandro Tommy (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3133121050 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 3133121050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
3. NIM 3133121050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 3133121050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 3133121050 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 3133121050 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 3133121050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
12. NIM 3133121050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM 3133121050 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 70 siswa. \Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 MEDAN”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Ada Pengaruh yang model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 12 MEDAN”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeru 12 MEDAN yang berjumlah 70 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, angket, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Theta dan Uji X 2 (Kai Kuadrat).
Berdasarkan hasil analisis data, bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode group investigation lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan metode group investigation. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 77.63, sedangkan kelas kontrol sebesar 67.71. Berdasarkan dari hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan thitung = 4.1471 dengan dk = 68 dan ttabel adalah 1.995 dengan taraf signifikan α = 5%, sehingga didapat thitung>ttabel, maka kesimpulannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima, artinya Ada Pengaruh Metode Group investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah kela X IPS SMA Negeri 12 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-SJRH-010 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI); Aktivitas Belajar Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 21:47 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 21:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42487 |