Hutapea, Lita Sentiana (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik pada Materi Teks Anekdot untuk Siswa Kelas X SMK Yapim Indrapura Kabupaten Batubara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186192001 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM 8186192001 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
3. NIM 8186192001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8186192001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM 8186192001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 8186192001 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8186192001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8186192001 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM 8186192001 BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM 8186192001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran dan instrumen penilaian yang diberikan belum
mencakup tiga ranah autentik dalam kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat penilaian autentik;
mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian autentik pada materi
teks anekdot untuk siswa kelas X SMK Yapim Indrapura Kabupaten Batubara;
mendeskripsikan bagaimana kelayakan instrumen penilaian autentik pada materi
teks anekdot; dan mendeskripsikan bagaimana keefektifan instrumen penilaian
autentik pada materi teks anekdot. Penelitian ini merujuk pada model
pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
pengembangan instrumen penilaian autentik pada materi teks anekdot didasarkan
penelitian dan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan
produk awal, validasi desain dan evaluasi, revisi produk, penilaian dan saran guru
bahasa serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil,
revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan;
(2) persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli materi
adalah 87% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh indikator
dari hasil validasi ahli evaluasi untuk instrumen bentuk pilihan ganda adalah
90,63%; untuk instrumen uraian adalah 89,54%; dan untuk instrumen psikomotor
adalah 90%. Seluruh penilaian ahli evaluasi berada pada kriteria “sangat baik”.
Hasil respon guru memiliki total presentase rata-rata 96% dengan kriteria “sangat
baik”. Hasil respon siswa dinyatakan layak dan memenuhi kebutuhan, total
presentase rata-rata 91,6% dengan kriteria keseluruhan “sangat baik”; dan (3)
keefektifan instrumen penilaian autentik pada materi teks anekdot diperoleh rata�rata 82,13. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami kenaikan yang
signifikan tinggi dan mencapai KKM sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.75 Hut p |
Keywords: | Instrumen; Penilaian Autentik; Teks Anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 02:19 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42427 |