Harianto, Efendi (2020) Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Dr. Wahidin Sudirohusodo. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176122007 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 8176122007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (977kB) | Preview
3. NIM 8176122007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM 8176122007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 8176122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 8176122007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM 8176122007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 8176122007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM 8176122007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM 8176122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Pendidikan saat ini harus senantiasa beradaptasi dengan perkembangan zaman dalam menghadapi pergerakan informasi dan pengetahuan yang serba cepat melalui teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran harus lebih terbuka, fleksibel, dan mengarahkan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran untuk
memberikan pengalaman belajar yang bermakna terutama pembelajaran matematika yang memerlukan media pembelajaran inovatif dan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan e-learning berbasis Edmodo pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Dr. Wahidin Sudirohusodo serta mengetahui kelayakan dan efektivitas dari media e-learning berbasis Edmodo yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dimana setiap tahapan saling berhubungan dan bertahap dalam
menghasilkan produk pengembangan. Kelayakan media diperoleh melalui hasil validasi dan uji coba oleh subjek penelitian dimana persentase rata-rata dari hasil
penilaian ahli desain, ahli media, dan ahli materi embelajaran sebesar 89,3%, sedangkan persentase rata-rata dari hasil penilaian guru dan siswa pada uji coba
perorangan dan kelompok siswa sebesar 90,5% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil uji efektivitas produk dari data tes hasil belajar pada uji hipotesis penelitian melalui uji satu pihak diperoleh thitung > ttabel (2,3798 > 1,66980) yang berarti hasil belajar matematika siswa dengan e-learning berbasis Edmodo
lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional teruji kebenarannya. Oleh karena itu, produk media pengembangan pada e-learning berbasis Edmodo layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Har p |
Keywords: | E-learning; Edmodo; Matematika, Media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 02:12 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42426 |