Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom dan Kemampuan Awal Matematika terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Resiliensi Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Khairiyyah, Ayuni (2021) Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom dan Kemampuan Awal Matematika terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Resiliensi Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186182031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186182031 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186182031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186182031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186182031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186182031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186182031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186182031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186182031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186182031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186182031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186182031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186182031 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186182031 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186182031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186182031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8186182031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8186182031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186182031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186182031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan resiliensi siswa, (3) interaksi antara pembelajaran (blended learning berbasis google classroom dan biasa) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa (4) interaksi antara pembelajaran (blended learning berbasis google classroom dan biasa) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap resiliensi siswa (5) besar pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan representasi matematis siswa (6) besar pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan resiliensi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPIT Ulil Albab Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri atas tiga kelas. Sampel dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas yang dipilih yaitu VII-1 sebagai kelas eksperimen (16 siswa) dan VII-2 sebagai kelas kontrol (17 siswa). Instrumen yang digunakan yaitu tes KAM, tes kemampuan representasi matematis dan angket resiliensi siswa. Data yang diperoleh dari instrumen penelitian dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan representasi matematis siswa (p-value = 0,014 < 0,05), (2) terdapat pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan resiliensi matematis siswa (p-value = 0,019 < 0,05), (3) tidak terdapat interaksi antara antara pembelajaran (blended learning berbasis google classroom dan konvensional) dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa (p-value =0,550>0,05), (4) terdapat interaksi antara pembelajaran (blended learning berbasis google classroom dan konvensional) dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan resiliensi matematis siswa (p-value =0,030<0,05), (5) Besar pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan representasi matematis adalah 19,4%, dan (6) Besar pengaruh pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan resiliensi matematis adalah 12,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Kha p
Keywords: Blended Learning; Google Classroom; Representasi Matematis; Resiliensi Siswa; Kemampuan Awal Matematika (KAM).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Jun 2021 21:37
Last Modified: 03 Jun 2021 21:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42409

Actions (login required)

View Item
View Item