Sihombing, Indah Oktasya (2021) Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi berdasarkan Analisis Kebutuhan Belajar untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176192015 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM. 8176192015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 8176192015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 8176192015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8176192015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 8176192015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8176192015 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8176192015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8176192015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 8176192015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM. 8176192015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar teks eksplanasi sekaligus menguji keefektifan produk yang dapat dimanfaatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Medan sebagai salah satu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil validasi dari ahli materi dalam pengembangan bahan ajar teks eksplanasi untuk siswa menunjukkan bahwa kelayakan komponen bahan ajar dengan rata-rata 88,54 pada kriteria sangat baik dan kelayakan substansi materi dengan rata-rata 90,91 pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar teks eksplanasi yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Hasil validasi modul oleh ahli desain pembelajaran disimpulkan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria “sangat baik” dengan total persentase rata-rata sebesar 91,00%. Dengan demikian, kelayakan desain bahan ajar teks eksplanasi yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa. Hasil respon atau tanggapan yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia disimpulkan bahwa modul teks eksplanasi termasuk pada kriteria “sangat baik” dengan total persentase rata-rata sebesar 99,26%. Data-data yang diperoleh dari siswa bahwa bahan ajar teks eksplanasi yang dikembangkan sesuai dengan penilaian indikator secara keseluruhan menunjukkan bahwa (1) hasil penilaian uji coba perorangan disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk pada kriteria “sangat baik” dengan total persentase rata-rata sebesar 82,32%, (2) hasil penilaian uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk pada kriteria “sangat baik” dengan total persentase rata-rata sebesar 91,27%, (3) hasil penilaian uji coba kelompok lapangan terbatas terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan persentase skor rata-rata sebesar 94,04%. Berdasarkan hasil analisis uji efektivitas, maka terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kompetensi dasar dengan menggunakan modul teks eksplanasi lebih tinggi yang berjumlah 2595 dan rata-rata 81,10% dibandingkan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan modul yang berjumlah 2125 dengan rata-rata 66,41%. Oleh karena itu, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul teks eksplanasi lebih efektif dan layak dipakai sebagai sumber belajar siswa daripada sebelum menggunakan modul tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 401.72 Sih p |
Keywords: | Bahan Ajar; Teks Eksplanasi; Analisis Kebutuhan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 01:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 01:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42387 |