Nuswantari, Dianti (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Siswa SMK Swasta Harapan Mekar 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172013 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 8166172013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM. 8166172013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8166172013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 8166172013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8166172013 TABLES.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7. NIM. 8166172013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM. 8166172013 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166172013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8166172013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM. 8166172013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendeskripsikan bagaimana validitas, kepraktisan, dan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PBRME-BSG pada materi trigonometri di kelas X Siswa SMK Swasta Harapan Mekar 1 Medan; 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PBRME-BSG pada materi trigonometri di kelas X Siswa SMK Swasta Harapan Mekar 1 Medan; 3) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PBRME-BSG pada materi trigonometri di kelas X Siswa SMK Swasta Harapan Mekar 1 Medan; 4) Untuk mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendeinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Buku Siswa (BS), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (TKPMM) dan Angket motivasi belajar. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis PBRME-BSG telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa seteleh diajarkandengan menggunakan perangkat PBRME-BSG, pada pretest 63,80 dan meningkat pada posttest 80,88; 3) pencapaian motivasi belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat PBRME-BSG, memiliki rata-rata 68,79 % ; 4) pada proses jawaban, jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada uji coba I adalah kesalahan konsep dan prosedur sedangkan pada uji coba II kesalahan yang sering terjadi adalah operasi perhitungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.7 Nus p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; model 4-D; PBRME-BSG;kemampuan pemecahan masalah matematika; motivasi elajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 00:16 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 00:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42377 |