EVILIA, REZKY (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK-BM PAB 3 MEDAN ESTATE TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7141142030 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 7141142030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. NIM 7141142030 ACKNOWLEDGEMNT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM 7141142030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 7141142030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 7141142030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7141142030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7141142030 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7141142030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
13. NIM 71411142030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 7141142030 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya karakter dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK-BM PAB 3 Medan Estate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pembentukan karakter dan hasil belajar akuntansi siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan multimedia didalam kelas.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 3 Medan Estate yang beralamat di Jl. Mesjid No.1 Medan Estate Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI akuntansi dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi pembentukan karakter dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis serta data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa pada siklus I rata-rata karakter siswa sebesar 61,74% atau dalam kategori cukup berkarakter dan pada siklus II rata-rata karakter siswa sebesar 78,03% atau dalam kategori berkarakter. Hal ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,29%. Sedangkan, untuk hasil belajar pada pre-test, terdapat 8 siswa (36,36%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 66,36%. Sedangkan pada post-test I terdapat 16 siswa (72,73%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 74,32%. Untuk post-test II pada siklus II terdapat 19 siswa (86,36%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,72%. Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan multimedia dapat meningkatkan pembentukan karakter dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK-BM PAB 3 Medan Estate Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Contextual Teaching and Learning , Multimedia, Pembentukan Karakter dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 00:07 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 00:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42375 |