WAHYUNI, INDAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK SWASTAJAMBI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7141142015 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM 7141142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. NIM. 7141142015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 7141142015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 7141142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM. 7141142015 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7141142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 7141142015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 7141142015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
13. NIM. 7141142015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 7141142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Joyful Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta JAMBI Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka dilakukan uji coba instrument untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata – rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata – rata pre-test dan post-test yaitu 42,22 dan 70,92. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata – rata pre-test dan post-test yaitu 48,75 dan 64,37. Pengujian hipotesis dari hasil post-test
yang dilakukan diperoleh thitung = 2,217 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan yaitu thitung > ttabel yaitu 2,217 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi pembelajaran biaya overhead pabrik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Joyful Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Joyful Learning, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 02:09 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42374 |