Pengaruh Model Pembelajaran dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Aisyiyah Bandar Khalifah Tahun Pelajaran 2019/2020

Ningsih, Sri Wandan Sari (2021) Pengaruh Model Pembelajaran dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Aisyiyah Bandar Khalifah Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166182051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166182051 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166182051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166182051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166182051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166182051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166182051 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166182051 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166182051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166182051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166182051 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166182051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166182051 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166182051 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166182051 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166182051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166182051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166182051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166182051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166182051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166182051 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166182051 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori, (2) Hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas VII MTs Aisyiyah Bandar Khalifah.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Aisyiyah Bandar Khalifah dengan jumlah siswa 55 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas VII-1 = 30 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan kelas VII-2 = 25 orang untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dan angket untuk keterampilan sosial siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar IPS siswa menggunakan model Inkuiri Terbimbing lebih tinggi menggunakan model Ekspositori. Hasil belajar IPS siswa menggunakan model Inkuiri Terbimbing dengan nilai rata-rata 91,67, sedangkan hasil belajar IPS siswa menggunakan model Ekspositori memperoleh nilai rata-rata 85,36, (2) Hasil belajar IPS siswa memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa memiliki keterampilan sosial rendah. Siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi memperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS yaitu sebesar 90,93, sedangkan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 86,42, (3) Terdapat interaksi model pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil uji ANAVA Faktorial 2x2 diperoleh nilai sig=0,002<sig.0,05, sehingga membuktikan terjadinya interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Nin p
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Sosial; dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jun 2021 21:05
Last Modified: 02 Jun 2021 21:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42371

Actions (login required)

View Item
View Item