Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas II SD Negeri Percobaan Medan

Sa'idah, Laily (2020) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas II SD Negeri Percobaan Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156181013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156181013 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156181013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156181013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156181013 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156181013 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156181013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156181013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156181013 TABLE OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156181013 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156181013 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156181013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156181013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156181013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8156181013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8156181013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156181013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156181013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pengembangan membaca permulaan untuk siswa kelas II SD Negeri Percobaan Kota Medan melalui media Big Book. Metode penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) yang terdiri dari 10 langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, ( 5) revisi desain, (6) pengujian produk, (7) revisi produk, (8) uji coba penggunaan, (9) revisi produk dan, (10) produksi massal. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Percobaan Medan dlaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media Big Book. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahan ajar termasuk kedalam katagori sudah layak dan valid untuk digunakana oleh siswa SD kelas II karena sudah melalui penilaian dan validasi dari tim ahli. Kesimpulan ini diambil berdasarkan hasil analisis para ahli yang terdiri dari ahli tata bahasa berada pada kualifikasi cukup layak (82%), ahli isi materi berada pada kualifikasi sangat layak (94%) dan ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi layak (73%). Dari semua penilaian validator didapatkan kualifikasi cukup layak dengan nilai rata-rata sebesar 83%. Hal ini diperkuat dengan hasil pada tahap uji coba produk diperoleh persentase skor sebesar 53,33% dan pada tahap uji coba pemakaian diperoleh persentase sebesar 86,66%. Hal ini berarti indikator keefektifan sudah terpenuhi. Maka dengan hasil yang diperoleh dapat dinyatakan produk bahan ajar pengembangan tersebut layak digunakan siswa kelas II SD Negeri Percobaan Medan dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.4 Sa'i p
Keywords: Media Pembelajaran Big Book; Hasil belajar siswa; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:20
Last Modified: 02 Jun 2021 02:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42352

Actions (login required)

View Item
View Item