Hariansyah (2020) Pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, efikasi diri dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen di Universitas Labuhanbatu. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136225010 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8136225010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 8136225010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM. 8136225010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 8136225010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 8136225010 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM. 8136225010 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 8136225010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 8136225010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8136225010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
14. NIM. 8136225010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi di Universitas Labuhanbatu yaitu tentang kinerja dosen rendah. Untuk itu permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, efikasi diri, motivasi kerja, dan kinerja dosen. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen yang ada di Universitas Labuhanbatu yang berjumlah 189 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 136 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diisi oleh responden yang berasal dari dosen, selanjutnya data diolah dengan menggunakan dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional (X1) berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja (X4) ditunjukkan bahwa〖 p〗_41= 0,332; Budaya organisasi (X2), berpengaruh langsung dan positif terhadap motivasi kerja (X4) ditunjukkan bahwa ρ_42 = 0,381; Efikasi diri (X3), berpengaruh langsung dan positif terhadap motivasi kerja (X4) ditunjukkan bahwa〖 ρ〗_43 = 0,222; Kepemimpinan transformasional (X1), berpengaruh langsung dan positif terhadap kinerja dosen (X5) ditunjukkan bahwa〖 p〗_51 = 0,209; Budaya organisasi (X2), berpengaruh langsung dan positif terhadap kinerja dosen (X5) ditunjukkan bahwa ρ_52 = 0,217; Efikasi diri (X3), berpengaruh langsung dan positif terhadap kinerja dosen (X5) ditunjukkan bahwa ρ_53 = 0,281; dan Motivasi kerja (X4), berpengaruh langsung dan positif terhadap kinerja dosen (X5) ditunjukkan bahwa〖 p〗_54 = 0,258. Saran dalam penelitian ini agar dosen membangun kepemimpinan transformasional secara berkelanjutan dengan inovasi dan pengambilan resiko, meningkatkan budaya organisasi melalui penguatan koordinasi penugasan kerja; keterbukaan dalam menginformasikan masalah; berbagi informasi mengenai rencana dan kegiatan; memperoleh pemahaman bersama, dosen meningkatkan efikasi diri melalui peningkatan kemampuan kognitif dosen dalam proses pelaksanaan tugas tentang perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan. dosen meningkatkan motivasi kerja yang mendorong dosen untuk melakukan aktivitas tertentu, adanya penghargaan dalam bekerja, kondisi kerja yang menyenangkan, dan adanya kebutuhan dalam bekerja. Bagi pengambil kebijakan, agar mengikutsertakan dosen dalam diklat, mengaktifkan forum musyawarah, menyediakan fasilitas yang diperlukan dan melakukan pengawasan, mendorong/ mengarahkan. Implikasi praktis penelitian ini dapat menjadi pertimbangan kepada berbagai pihak.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 378.1 Har p |
Keywords: | Kepemimpinan transformasional; budaya organisasi; efikasi diri; motivasi kerja; motivasi kerja; dan kinerja dosen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2351 Admissions and entrance requirements |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 02:02 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42349 |