Sari, Ria Purnama (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa di SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186171012 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM. 8186171012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (751kB) | Preview
3. NIM. 8186171012 ABSTACT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
4. NIM. 8186171012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM 8186171012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 8186171012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
7. NIM. 8186171012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 8186171012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8186171012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM. 8186171012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan perangkat pembelajaran berbasis
contextual teaching and learning (CTL) yang valid, praktis dan efektif sehingga
dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis
siswa di SMP Negeri 1 Hamparan Perak; 2) menemukan perangkat pembelajaran
berbasis contextual teaching and learning (CTL) yang dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Hamparan
Perak; 3) menemukan perangkat pembelajaran berbasis contextual teaching and
learning (CTL) yang dapat meningkatkan self efficacy siswa di SMP Negeri 1
Hamparan Perak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran berbasis contextual teaching and
learning (CTL) yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan
dan keefektifan perangkat pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
contextual teaching and learning (CTL) meningkat ditinjau dari N-Gain uji coba I
sebesar 0,48 dan pada uji coba II sebesar 0,57 dengan kategori sedang; 3)
peningkatan Self efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran
berbasis contextual teaching and learning (CTL) meningkat dikembangkan
berdasarkan kategori KAM mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II,
pada kelompok tinggi sebesar 94,67 meningkat menjadi 98, Pada kelompok
sedang sebesar 82,80 meningkat menjadi 83,47. Pada kelompok rendah sebesar
63,25 meningkat menjadi 64. Dilihat dari rata-rata pencapaian self-efficacy siswa
pada uji coba I sebesar 80,86 meningkat menjadi 81,90 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sar p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 May 2021 01:32 |
Last Modified: | 31 May 2021 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42339 |