Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa di SMP Negeri 1 Hamparan Perak

Sari, Ria Purnama (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa di SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186171012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186171012 COVER.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186171012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186171012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186171012 ABSTACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186171012 ABSTACT.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186171012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186171012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8186171012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8186171012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186171012 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186171012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186171012 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186171012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186171012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186171012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8186171012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8186171012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186171012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186171012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan perangkat pembelajaran berbasis
contextual teaching and learning (CTL) yang valid, praktis dan efektif sehingga
dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis
siswa di SMP Negeri 1 Hamparan Perak; 2) menemukan perangkat pembelajaran
berbasis contextual teaching and learning (CTL) yang dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Hamparan
Perak; 3) menemukan perangkat pembelajaran berbasis contextual teaching and
learning (CTL) yang dapat meningkatkan self efficacy siswa di SMP Negeri 1
Hamparan Perak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran berbasis contextual teaching and
learning (CTL) yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan
dan keefektifan perangkat pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
contextual teaching and learning (CTL) meningkat ditinjau dari N-Gain uji coba I
sebesar 0,48 dan pada uji coba II sebesar 0,57 dengan kategori sedang; 3)
peningkatan Self efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran
berbasis contextual teaching and learning (CTL) meningkat dikembangkan
berdasarkan kategori KAM mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II,
pada kelompok tinggi sebesar 94,67 meningkat menjadi 98, Pada kelompok
sedang sebesar 82,80 meningkat menjadi 83,47. Pada kelompok rendah sebesar
63,25 meningkat menjadi 64. Dilihat dari rata-rata pencapaian self-efficacy siswa
pada uji coba I sebesar 80,86 meningkat menjadi 81,90 pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sar p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 31 May 2021 01:32
Last Modified: 31 May 2021 01:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42339

Actions (login required)

View Item
View Item