Sari, Bestrica Kurnia (2021) Pengembangan Tes Objektif Berbasis PISA Materi Gelombang Bunyi di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186175005 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8186175005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
3. NIM. 8186175005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8186175005 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. NIM. 8186175005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM. 8186175005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM. 8186175005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8186175005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 8186175005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 8186175005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 8186175005 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes objektif berbasis PISA materi gelombang bunyi di SMA sesuai standar kualifikasi tes yang baik ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan desain ADDIE dengan tahapan analisis
(analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evalution).Tahap analisis diperoleh hasil minimnya variasi dalam assesmen dan siswa masih
kurang memperoleh soal fisika berbasis PISA terutama pada materi gelombang bunyi. Materi soal fisika yang dikembangkan meliputi besaran pada gelombang
bunyi, refleksi dan refraksi, resonansi, intensitas bunyi, dan efek doppler. Tahap desain diperoleh hasil 45 butir soal berdasarkan kompetensi literasi sains PISA yang diklasifikasikan ke dalam tiga standar kompetensi, yaitu: menjelaskan fenomena ilmiah; mengevaluasi dan mendesain penelitian ilmiah; menginterpretasikan data
dan bukti ilmiah. Tahap pengembangan diperoleh 44 butir soal dalam kategori sangat valid dengan persentase 90 % berdasarkan validasi isi oleh 5 ahli, baik dari
segi materi, konstruk, dan bahasa. Hasil dari tahap implementasi dan evaluasi menunjukkan bahwa dari 45 butir soal yang dikembangkan, 38 butir soal telah memenuhi kriteria kualitas tes yang baik, berdasarkan uji validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, dan efektivitas pengecoh pada uji coba kelompok kecil
maupun uji coba kelompok besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 534.207 2 Sar p |
Keywords: | Tes objektif; PISA; Gelombang bunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2021 22:26 |
Last Modified: | 30 May 2021 22:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42333 |