Meylinda, Dessy (2021) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172011 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8176172011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176172011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4. NIM. 8176172011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
5. NIM. 8176172011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 8176172011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 8176172011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8176172011 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8176172011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8176172011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14. NIM. 8176172011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran model pembelajaran
berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing, (3)Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemandirian belajar matematis siswa. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperolah dua kelas sampel. Kelas eksperimen I mendapat model pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen II
mendapat model pembelajaran penemuan terbimbing. Instrument yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data digunakan dengan analisis kovarian (ANACOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian meunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan
komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan
terbimbing, (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemandirian belajar matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti agar guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Mey p |
Keywords: | Komunikasi Matematis; Kemandirian Belajar Siswa; Pembelajaran Berbasis Masalah; Penemuan Terbimbing; Kemampuan Awal Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 20:34 |
Last Modified: | 27 May 2021 20:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42322 |