Putri, Nizmi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 101788 Marindal I. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186181001 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 8186181001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM. 8186181001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 8186181001 ACKNOWEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 8186181001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 8186181001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 8186181001 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM. 8186181001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 8186181001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
13. NIM. 8186181001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM. 8186181001 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Tercapainya proses belajar mengajar sangat tergantung pada peran guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas.Hasil perhitungan menunjukkan bahwa hasil
belajar memiliki reliabilitas dengan signifikan 0,73<0,05 dan hasil angket keterampilan sosial memiliki eliabilitas dengan signifikan 0,85<0,05.Hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 101788 Marindal I dalam 3 tahun terakhir
masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 71.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Langsung; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang
memiliki keterampilan sosial rendah (3) interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa kelas IV. Penelitian berbentuk Quasi Experimental
Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Keterampilan Sosial. Analisis data menggunakan anava dua
jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas IV
SD Negeri 101788 Marindal I; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki keterampilan
sosial rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Contextual Teacher and Learning dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn Siswa
di SD Negeri 101788 Marindal I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Put p |
Keywords: | hasil belajar; keterampilan sosial; model pembelajaran contextual teaching and learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:15 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42308 |