Hasibuan, Vina Rezekyah (2020) Pengembangan E-Modul Biomolekul Enzim Terintegrasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Sesuai Kurikulum KKNI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166142013 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 8166142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM 8166142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 8166142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
5. NIM 8166142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
6. NIM 8166142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 8166142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 8166142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 8166142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
13. NIM 8166142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14. NIM 8166142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran elektronik perlu dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh E-modul
Biomolekul Enzim terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek sesuai kurikulum KKNI sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa pada pembelajaran biokimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan yang meliputi: tahap (1) Analisis kebutuhan modul biokimia sesuai KKNI dan perkembangan teknologi, tahap (2) Pengembangan E-modul biomolekul enzim terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek sesuai
kurikulum KKNI menggunakan software flipbook maker yang dapat digunakan secara offline maupun online, tahap (3) Standarisasi E-Modul sesuai SNPT dan kelayakan media elektronik dan tahap (4) Implementasi terbatas dan tahap (5) evaluasi pada mahasiswa pendidikan Kimia, FMIPA Unimed sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian adalah angket validasi SNPT dan media elektronik, instrumen tes uraian dan angket motivasi mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif dan statistic independent sample T-test dua pihak program SPSS 21. Hasil analisis awal menunjukkan bahwa kelayakan isi dan bahasa buku cetak
biokimia yang digunakan mahasiswa sesuai SNPT sedangkan pada kelayakan penyajian dan kegrafikan buku cetak biokimia masih kategori kurang valid sehingga perlu dilakukan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) e�modul biomolekul enzim terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek bernilai rata-rata 3,45 kategori sangat valid sehingga e-modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan e-modul yang dikembangkan dari pada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan
buku cetak biokimia (N-gain 0,88>0,69). (3) terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan e-modul yang dikembangkan dari pada motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan buku cetak biokimia
(motivasi 84>62). (4) terdapat korelasi positif dan signifikan antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan e�modul yang dikembangkan dengan koefisien korelasi 0,718 (kriteria korelasi tinggi) dan koefisiensi determinasi sebesar 51,55 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Has p |
Keywords: | e-modul; enzim; pembelajaran berbasis proyek; kurikulum KKNI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 00:52 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42306 |