Hutagalung, Theodora Helena (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK. Masters thesis, UNIMED.
01. 8176121024 Cover.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02. 8176122024 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
03. 8176121024 Abstract.pdf - Published Version
Download (722kB) | Preview
04. 8176122024 Preface.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
05. 8176121024 Table of Content.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
06. 8176121024 List of Tables.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
07. 8176121024 List of Figures.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
09. 8176121024 Chapter I.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
13. 8176121024 Chapter V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
14. 8176121024 Bibliography.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning yang layak dan efektif untuk peserta didik kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak SMK. Produk dikembangkan dengan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model Borg and Gall. Penelitian dilakukan dalam skala terbatas, pada penelitian ini dilakukan tujuh dari sepuluh tahapan pengembangan Borg and Gall, yang diakhiri dengan uji keefektifan produk. Pengembangan dibagi dalam lima tahapan: tahapan penelitian pendahuluan, tahap perancangan, tahap pengembangan produk, tahap reviu dan uji coba produk, serta uji keefektifan. Data dikumpulkan melalui instrumen validasi para ahli dan instrumen akseptansi media oleh peserta didik serta instrumen hasil belajar peserta didik. 1) Hasil penilaian/validasi kelayakan produk oleh para ahli media, desain pembelajaran, dan materi/konten menunjukkan rata rata persentase kelayakan adalah 87.47 sementara hasil penilaian/akseptansi multimedia oleh responden (peserta didik) pada uji coba perorangan dan kelompok rata-rata persentase kelayakannya sebesar 86,75%. Kesimpulannya multimedia pembelajaran yang dikembangkan berada
pada kriteria “sangat layak”. 2) Hasil uji keefektifan multimedia pembelajaran menunjukkan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media tersebut. Hal ini disimpulkan dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 3,701 dengan ttabel = 1,679 pada taraf signifikan α=0,05. Karena thitung > ttabel artinya artinya multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar Kelompok
Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak SMK khususnya dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Hut p |
Keywords: | multimedia pembelajaran interaktif; pembelajaran berbasis masalah; rekayasa perangkat lunak |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5381 Vocational guidance. Career devlopment L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 00:44 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42304 |