Hutagalung, Dewi Hayani (2021) Analisis Kemampuan Spasial Siswa Dalam Penerapan Teori Van Hiele Dengan Berbantuan Media Autograph. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186172015 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8186172015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM. 8186172015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 8186172015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 8186172015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 8186172015 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8186172015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 8186172015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
13. NIM. 8186172015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14. NIM. 8186172015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan spasial siswa
kelas VIII SMP Wiraswasta Batang Kuis setelah diterapkannya teori Van Hiele
dengan berbantuan media autograph dan mengetahui tingkat kesulitan siswa dalam
pemecahan masalah spasial dalam pembelajaran teori Van Hiele dengan berbantuan
autograph.Subjek penelitian kelas VIII-C SMP Wiraswasta Batang Kuis yang
berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan spasial dan
pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman.
Dari 23 siswa kelas VIII SMP Wiraswasta Batang Kuis yang mengikuti tes, siswa
dengan tingkat kemampuan spasial rendah sebanyak 15 siswa (65,21%), siswa yang
memiliki tingkat kemampuan spasial sedang sebanyak 4 siswa (17,39%) dan siswa
yang memiliki tingkat kemampuan spasial tinggi sebanyak siswa (17,39%).
Berdasarkan hal tersebut masih banyak siswa yang memiliki tingkat kemampuan
spasial rendah. Kesulitan yang dialami oleh S-1 dengan tingkat kemampuan rendah
adalah pada fakta, konsep, operasi dan prinsip, begitupula S-2 dengan tingkat
kemampuan spasial rendah kesulitan yang dialami pada operasi dan prinsip. Siswa
dengan tingkat kemampuan spasial rendah yaitu S-3 dan S-4 mengalami kesulitan
yang sama yaitu pada bagian konsep dan prinsip. Selanjutnya S-5 dengan tingkat
kemampuan spasial tinggi mengalami kesulitan konsep, dan S-6 dengan tingkat
kemampuan spasial tinggi tidak mengalami kesulitan sama sekali.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Hut a |
Keywords: | Kemampuan Spasial; Teori Van Hiele; Autograph |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 22:43 |
Last Modified: | 26 May 2021 22:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42297 |