Khairuddin, Irpan (2014) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174023 Judul.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2. 8106174023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. 8106174023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. 8106174023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. 8106174023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. 8106174023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. 8106174023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. 8106174023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. 8106174023 Bab I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
10. 8106174023 Bab V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
11. 8106174023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) penggunaan media sesuai dengan silabus, (2) persepsi guru biologi terhadap media audio visual dalam pembelajaran biologi, (3) jenis media audio visual yang digunakan guru, (4) faktor jenjang usia dalam penggunaan media, (5) masalah/hambatan yang dialami guru dalam penggunaan media audio visual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan 2 (dua) instrumen yang meliputi angket/kuesioner: tertutup dan terbuka, serta observasi, wawancara. Populasi penelitian seluruh guru biologi di SMA Negeri Kabupaten Serdangbedagai, sampel penelitian adalah 13 orang guru biologi Kls XI SMA Negeri yang ada di Kabupaten Serdangbedagai dengan menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sesuai dengan silabus termasuk kategori cukup sesuai (73,84%). Persepsi guru biologi terhadap media audio visual dalam pembelajaran biologi, penggunaan media audio visual sangat membantu guru dalam proses pembelajaran termasuk katagori sangat baik (91,79%). Jenis media audio visual yang sering digunakan guru, Power Point, video pembelajaran, animasi, gabungan power point dan animasi serta film gerak bersuara. Faktor jenjang usia dalam penggunaan media tidak ada pengaruh faktor dalam penggunaan media. Masalah/hambatan yang dialami guru dalam penggunaan media audio visual 46%. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan pengadaan sarana dan prasarana media audio visual di SMA Negeri Kabupaten Serdangbedagai, serta perlu adanya pelatihan bagi guru biologi tentang media audio visual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Kha a |
Keywords: | Media pembelajaran; Kompetensi; Guru; Audiovisual; Konstruktivisme; Kognitivisme; Multimedia; Televisi; Presentasi power point |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4229 |