Nasution, Muhammad Akhyar ME (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126174014 Judul.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
2. 8126174014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. 8126174014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. 8126174014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. 8126174014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. 8126174014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. 8126174014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. 8126174014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. 8126174014 Bab I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
10. 8126174014 Bab V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. 8126174014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah, inkuiri dan tradisional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi Sistem pernapasan; (2) pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah, inkuiri dan tradisional terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, pada kelas XI semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padangsidimpuan yang berjumlah 96 siswa yang terdiri dari empat kelas paralel. Sampel yang diambil terdiri dari 3 kelas eksperimen yaitu: (1) kelas XI IPA-2 menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah; (2) kelas XI 1PA-4 menggunakan strategi pembelajaran inkuiri; (3) kelas XI IPA-1 menggunakan strategi pembelajaran tradisional. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, dan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitaian ini termasuk kuasi eksperimen dengan teknik analisi data Anakova (Analisis Kovarian) dilanjutkan dengan uji lanjut Tukey. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) Ho¬1 ditolak dengan F hitung 20,09 taraf signifikansi 0,000; (2) Ho¬2 ditolak dengan F hitung 439,96 taraf signifikansi 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, inkuiri dan tradisional; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, inkuiri, dan tradisional; (3) Strategi pembelajaran berbasis masalah hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran Inkuiri dan tradisional, strategi pembelajaran Inkuiri hasil belajarnya lebih tinggi dibanding strategi pembelajaran Tradisional;(4) Strategi pembelajaran berbasis masalah keterampilan proses sains siswa lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran Inkuiri dan tradisional, strategi pembelajaran Inkuiri keterampilan proses sains lebih tinggi dibanding strategi pembelajaran Tradisional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 578.012 071 2 Nas p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Strategi inkuiri; Strategi tradisional; Taksonomi Bloom; Pembelajaran berbasis masalah; Keterampilan proses sains |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4228 |