Gultom, Darwisyah (2020) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis sejarah lokal menggunakan pembelajaran saintifik Kelas IV SD Negeri Percobaan Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156181004 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8156181004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM 8156181004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8156181004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM 8156181004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 8156181004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM 8156181004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 8156181004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM 8156181004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
13. NIM 8156181004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM 8156181004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini beranjak dari permasalahan hasil belajar dan minat belajar siswa yang masih rendah, sehingga mendorong meneliti untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar tematik Berbasis Sejarah Lokal Menggunakan Pembelajaran Saintifik yang dikembangkan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada tema Pahlawanku di kelas IV SD; dan (2) Mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar tematik Berbasis Sejarah Lokal Menggunakan Pembelajaran Saintifik yang dikembangkan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Pahlawanku di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV1 dan IV2 SD N Percobaan Medan yang berjumlah masing-masing 30 orang dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang berupa bahan ajar tematik berbasis sejarah lokal menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada ujicoba I berada pada kriteria cukup baik, dan pada ujicoba II berada pada kriteria baik,; (2) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pada model pembelajaran saintifik adalah sudah mencapai criteria yang ditetapkan yaitu Respon dengan menggunakan perangkat pembelajaran adalah positif.; dan (3) Efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran dapat diketahui skor gain sebesar 86.67% jika dilihat dari keberhasil hasil belajar minimal sedang. Hal ini telah melampaui batas toleransi yang telah ditetapkan yaitu minimal 85% berada pada criteria sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Gul p |
Keywords: | Pembelajaran Saintifik; Hasil Belajar; Pengelolaan Pembelajaran dan Respon Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 20:15 |
Last Modified: | 26 May 2021 20:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42277 |