Lumbansiantar, Peretdi (2021) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DI SMK SE-KABUPATEN SAMOSIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7173342039 COVER.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. NIM 7163142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 7173342039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 7173342039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM 7173342039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. NIM 7173342039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM 7173342039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 7173342039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar komputer akuntansi di SMK Se-Kabupaten Samosir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pembelajaran online terhadap hasil belajar komputer akuntansi ; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi; (3) pengaruh kualitas pembelajaran online dan motivasi belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Penelitian ini di lakukan di SMK Se-Kabupaten Samosir yaitu SMK Negeri 1 Nainggolan dan SMK Swasta Karya jaya Pangururan T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK di Kabupaten Samosir yang berjumlah 121 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis simple random sampling menghasilkan 93 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) dengan dokumentasi dalam memperoleh hasil belajar. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pembelajaran online berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan nilai thitung > ttabel. (4,293 > 1,987) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan nilai thitung > ttabel. (6,731 > 1,987) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (3) secara simultan, kualitas pembelajaran online dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan nilai Fhitung > Ftabel (63,204>3,10) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,575 atau 57,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitin ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 15,516 + 0,393 X1 + 0,615 X2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 AKT 037 |
Keywords: | Kualitas pembelajaran online; Motivasi belajar; Hasil belajar; Komputer akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 May 2021 20:19 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 00:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42275 |