Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

Br. Sitepu, Ayu Sri Minda (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2. NIM  8186175009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8186175009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8186175009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8186175009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8186175009 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8186175009 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8186175009 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8186175009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8186175009 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8186175009 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8186175009 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8186175009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8186175009 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8186175009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8186175009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8186175009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8186175009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8186175009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8186175009 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8186175009 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan dapat meningkatkan respon peserta didik dan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Bahan ajar Fisika yang dikembangkan dan tes keterampilan proses sains. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Swasta Cerdas Bangsa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Adanya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing sebesar 0,53 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sit p
Keywords: pengembangan bahan ajar; fisika; inkuiri; proses sains; siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 May 2021 03:49
Last Modified: 25 May 2021 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42259

Actions (login required)

View Item
View Item