Yulia, Nanda (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172034 COVER.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2. NIM. 8176172034 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
3. NIM. 8176172034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM. 8176172034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 8176172034 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM. 8176172034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM. 8176172034 TABELS.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 8176172034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8176172034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM. 8176172034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (763kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar berdasarkan pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan; 3) Mendeskripsikan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Negeri 1 Besitang tahun pelajaran 2019/2020 yang masing-masing terdiri dari 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Pada penelitian ini, peneliti akan mengembangkan bahan ajar matematika berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah, yang meliputi Buku Siswa (BS), dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Instrument penelitian yang akan dikembangkan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar berdasarkan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan dilihat dari nilai rata-rata N-gain 0,45 artinya berada dalam kategori “sedang”. 3) Rata-rata dan standard deviasi kemampuan self efficacy matematis siswa pada uji coba I secara keseluruhan masing-masing adalah 77,17 dan 10,13, sedangkan rata-rata dan standard deviasi kemampuan self efficacy matematis siswa pada uji coba II secara keseluruhan masing-masing adalah 79,76 dan 9,88.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Yul p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; kemampuan berpikir kritis matematis; self-efficacy; model pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 May 2021 02:38 |
Last Modified: | 24 May 2021 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42248 |