SOLIN, IRVA VIVER SUSIANA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1). Nim 7163344018COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2). Nim 7163344018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
3). Nim 7163344018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
4). Nim 7163344018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
5). Nim 7163344018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
7). Nim 7163344018 DAFTAR tabel.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
8). Nim 7163344018 DAFTAR gambar.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9). Nim 7163344018 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13). Nim 7163344018 BAB V.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
14). Nim 7163344018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning apakah lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaranThink Pair Sharepada siswa kelas X OTKP SMK SWASTA JAMBI Medan T.A 2019.2020.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMK SWASTA JAMBI Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK SWASTA JAMBI Medan yang berjumlah 92 orang yang terdiri dari 2 kelas. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan total sampling, maka sampel yang digunakan seluruh kelas X OTKP SMK SWASTA JAMBI Medan, dimana kelas X OTKP 1 sebagai kelas ekperimen 2 dan X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang masing-masing kelas berjumlah 46 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku kearsipan yang sudah dianggap valid. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 50,98 dan 80,22, serta hasil rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Think Pair Share adalah 51,96 dan 80,11. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung sebesar 9,47 sedangkan ttabel sebesar 1,66 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 thitung>ttabel (9,47>1,66), maka hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dan Hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP SMK SWASTA JAMBI Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share dan Problem Based Learning, dan Hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 May 2021 01:42 |
Last Modified: | 25 May 2021 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42236 |