PANGGABEAN, EGA REVINA RIFQI (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X DI SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7161144014 COVER.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
2. NIM 7161144014 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
3. NIM 7161144014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
4. NIM 7161144014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
5. NIM 7161144014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
6. NIM 7161144014 TABLES.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
7. NIM 7161144014 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7161144014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM 7161144014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7161144014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
14. NIM 7161144014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X OTKP SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas X OTKP Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK PAB 2 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 siswa. Telknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Person dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan) dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel disiplin belajar (X1) memiliki korelasi pada taraf baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,757 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 4,005 > 1,996 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel lingkungan siswa (X2) memiliki korelasi pada taraf baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,808 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 8,355 > 1,996 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sementara secara simultan variabel disiplin belajar dan lingkungan siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 88,508 > 3,13. Disiplin belajar, lingkungan siswa memiliki determinasi sebesar 7,17 terhadap hasil belajar, sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin Belajar, Lingkungan Siswa, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 May 2021 00:29 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42234 |