Sitanggang, Saut Lamhot (2020) Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dan Adversity Quotient Pada Siswa SMP Negeri 4 Lubukpakam. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186181020 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 8186181020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM 8186181020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8186181020 ACNOWEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 8186181020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM 8186181020 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 8186181020 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 8186181020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM 8186181020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM 8186181020 REFENCES.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan Adversity Quotient siswa. Selain itu penelitian ini juga untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan Adversity Quotient siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP N 4 LubukPakam Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 384 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yaitu 30 siswa pada kelas VII-1 dan 30 siswa pada kelas VII-2. Sampel dipilih secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala sikap Adversity Quotient. Data yang diperoleh lalu dianalisis menggunakan ANAVA pada program Spss 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model Problem-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. 2) terdapat pengaruh model Problem-Based Learning terhadap Adversity Quotient siswa dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. 3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,750 > 0,05. 4)terdapat interaksi antara pembelajaran dengan gender terhadap Adversity Quotient siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,013 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Sit p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Adversity Quotient; Gender; Problem-Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 May 2021 20:43 |
Last Modified: | 23 May 2021 20:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42230 |