Rohani (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH-24 AEKKANOPAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116172017 Judul.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. 8116172017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
3. 8116172017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. 8116172017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. 8116172017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 8116172017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8116172017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8116172017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 8116172017 Bab I.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
10. 8116172017 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11. 8116172017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menemukan perangkat pembelajaran matematika Realistik yang efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (2) Mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi metematika siswa dalam Pendekatan Matematika Realistik siswa. Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan model 4-D (Four D Model ) yang dikemukakan Thiagarajan ,Semmel dan Semmel. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefenisian ( define ), tahap rancangan ( design ), tahap pengembangan ( develop ) dan tahap penyebaran ( disseminate ). Perangkat pembelajaran matematika realistik berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa LAS. Perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar aktivitas siswa (LAS) dan instrumen pembelajaran di validasi oleh para ahli sebelum di uji cobakan. Uji coba perangkat pembelajaran dua kali uji coba yaitu uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIIIA dan setelah di peroleh hasilnya tidak tuntas, dan dilakukan perbaika maka dilakukan uji coba kedua pada kelas VIIIB SMP Muhammadiyah-24 Aekkanopan. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1)Efektivitas perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (a) Ketuntasan klasikal pada uji coba I adalah 76,67 dan uji coba II adalah sebesar 86,67 (b) Ketercapaian indikatornya efektif (2) Hasil uji coba perangkat kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat terhadap perangkat yang telah di kembangkan pada uji coba I dengan gain 0,49 dan pada uji coba II dengan gain 0,59. Serta disposisi matematika siswa pada uji caba I gainnya adalah (0,26) dan pada uji coba II gainnya (0,39).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Roh p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Pemecahan masalah; Disposisi matematika; Matematika realistik; Sistem instruksional |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4223 |