SIREGAR, SUWANDI (2020) IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN KELAS X OTKP SMKS PAB 2 HELVETIA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7161144041_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7161144041_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
3._NIM._7161144041_KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 7161144041_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 7161144041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM. 7161144041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 7161144041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 716114041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
9. NIM. 7161144041_BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13. NIM. 7161144041_BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 7161144041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jl. Veteran Psr. IV, Helvetia.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah sebanyak 155 siswa, pengambilan sampel yaitu Sampel Random Sampling yaitu menggunakan kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, pretest dan postest. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini akan diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar pada saaat Pretest dan Posttest berdistribusi normal (sig.>0,05) dan homogen (sig.>0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa diperoleh thitung 27,272 dengan sig.0,000, dalam kasus ini hipotesis penelitian menerima H0 dan menolak Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Implikasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP SMKS PAB 2 Helvetia T.P 2019 / 2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendekatan Interaktif , Hasil Belajar Kearsipan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 May 2021 21:51 |
Last Modified: | 24 May 2021 21:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42229 |