Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Mengontrol Pengetahuan Awal

Resien (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Mengontrol Pengetahuan Awal. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 8174424021 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 8174424021 COVER.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 8174424021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 8174424021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 8174424021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 8174424021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 8174424021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 8174424021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 8174424021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 8174424021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 8174424021 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 8174424021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 8174424021 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 8174424021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 8174424021 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 8174424021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 8174424021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 8174424021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8174424021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8174424021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8174424021 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8174424021 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) keunggulan strategi pembelajaran blended learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (2) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar TIK setelah mengontrol pengetahuan awal; (3) perbedaan siswa yang memiliki berpikiran kreatif tinggi dibelajarkan dengan strategi pembelajaran blended learning akan memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajarna ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (4) perbedaan siswa yang memiliki kemampuan berpikiran kreatif rendah dibelajarkan dengan strategi pembelajaran blended learning akan memperoleh hasil belajar TIK siswa lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 60 orang orang siswa SMA kelas 11 IPS yang sedang mengikuti mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tahun Pelajaran 2016/2017 Semester tiga yang dipilih secara random. Teknik analisis data menggunakan ANAKOVA dua jalur pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar TIK setelah mengontrol pengetahuan awal; (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (4) untuk kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL setelah mengontrol pengetahuan awal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka untuk meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran BL dengan memperhatikan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.36 Res p
Keywords: blended learning; ekspositori, berpikir kreatif; pengetahuan awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 May 2021 19:28
Last Modified: 23 May 2021 19:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42221

Actions (login required)

View Item
View Item