Simanjuntak, Sadilla Muhreni Kastro (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163331025 COVER.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
2. NIM. 4163331025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
3. NIM. 4163331025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 4163331025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 4163331025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM. 4163331025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM. 4163331025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 4163331025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi pokok Larutan Penyangga dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis literasi sains pada siswa kelas XI SMA N 2 PERCUT. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA 2 PERCUT yaitu lima kelas. Masing-masing kelas berjumlahkan 35 sampai 36 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning berbasis literasi sains dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model Direct Instruction. Penelitian ini menggunakan instrument tes dan non tes yang telah diuji cobakan dan telah valid.
Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Teknik analisis data pengujian hipotesis I dan II menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, hasil hipotesis I menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3.088>1.668) maka Ho ditolak. Hasil hipotesis II menunjukkan thitung>ttabel
(5,393>1.668) maka Ho ditolak. Dengan demikian, adanya pengaruh model pembelajaran problem based leaning (PBL) berbasis literasi sains terhadap hasil belajar dan aktivitas. Uji korelasi sederhana (rxy) menggunakan rumus Product Momen, dilakukan untuk mengetahui hubungan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabel (5.393>0.334) maka Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis literasi sains. Kontribusi aktivitas siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimenya itu sebesar 18.1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 094 |
Keywords: | Hasil belajar; Problem based learning; Literasi sains; Larutan penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2021 01:51 |
Last Modified: | 21 May 2021 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42212 |