Prasetia, Indra (2021) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Optimis Akademik, Pemberdayaan dan Motivasi Kerja Terhadap Efektivitas SMP Negeri Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186114017 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8186114017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM. 8186114017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 8186114017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
5. NIM. 8186114017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
6. NIM. 8186114017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. NIM. 8186114017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 8186114017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 8186114017 BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 8186114017 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 8186114017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kepemimpinan transformasional dan budaya optimis akademik berpengaruh signifikan terhadap pemberdayaan guru SMP Negeri Medan; (2) mengetahui apakah kepemimpinan
transformasional, budaya optimis akademik dan pemberdayaan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru SMP Negeri Medan; (3) mengetahui apakah
kepemimpinan transformasional, budaya optimis akademik, pemberdayaan dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap efektivitas Sekolah di SMP Negeri
Medan. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri Medan yang berjumlah 45 sekolah, dengan jumlah sampel sebanyak 304 orang guru dengan status guru pegawai negeri
sipil. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menguji pengaruh antar variabel-variabel bebas (eksogen) yakni kepemimpinan transformasional (X1),
budaya optimis akademik (X2), pemberdayaan (X3) dan motivasi kerja guru (X4) dan variabel terikat (endogen) efektivitas sekolah (X5) yang bersifat kausalitas, baik
pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung dalam kerangka analisis jalur
(path analysis). Adapun temuan penelitian ini yakni : (1) Secara simultan pengaruh
kepemimpinan transformasional dan budaya optimis akademik terhadap pemberdayaan guru di SMP Negeri Medan sebesar 0,095. Sedangkan secara parsial pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap pemberdayaan guru sebesar
0,141; pengaruh budaya optimis akademik terhadap pemberdayaan guru sebesar 0,260; (2) Secara simultan kepemimpinan transformasional, budaya optimis
akademik dan pemberdayaan guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi kerja guru SMP Negeri Medan sebesar 0,122. Secara parsial pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,11; pengaruh budaya optimis akademik terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,148; dan pengaruh
pemberdayaan guru terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,237; (3) Secara simultan
pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya optimis akademik dan pemberdayaan guru serta motivasi kerja guru terhadap efektivitas SMP Negeri Medan sebesar 0,161. Sedangkan secara parsial pengaruh kepemimpinan
transformasional terhadap efektivitas sekolah sebesar 0,121; pengaruh budaya optimis akademik terhadap efektivitas sekolah sebesar 0,142; dan pengaruh
pemberdayaan guru terhadap efektivitas sekolah sebesar 0,173; serta pengaruh motivasi kerja guru terhadap efektivitas sekolah sebesar 0,185.